Ide Bisnis Banjir Bandang

Ide Bisnis Banjir Bandang

Ide Bisnis Banjir Bandang – Guys, ada kalimat bijak yang berbunyi “Setiap ada musibah, pasti ada berkah”. Iya, tidak setiap bencana selalu dirundung duka. Bagi oarang yang berpikir positif pasti ada peluang yang bisa jadi ide bisnis. Mau tahu apa saja peluang usahanya? Yuk simak penjelasan paragraf selanjutnya.

Pengertian Banjir Bandang

Indonesia mempunyai letak geografis yang strategis. Posisinya yang dilewati dari garis khatulistiwa berdampak pada kondisi cuaca. Oleh karenanya cuma ada dua musim di Indonesia, yaitu musim panas dan musim hujan. Sangat berbeda dengan negara di benua lainya.

Tapi, satu sisi curah hujan yang ada di Indonesia sering kali punya intensitas yang tinggi. Tidak jarang bahkan turunnya hujan bisa sampai berhari hari. Karena jumlah air hujan yang berlimpah inilah membuat air meluap dan tergenang.

Kondisi ini bisa semakin parah ketika kontur tanah tidak bisa menyerap air dengan baik. Penyebabnya bisa karena program deforesatasi hutan yang mengakibatkan hutan gundul sehingga debit air semakin berlimpah ruah.

Saking banyak dan derasnya air bisa sampai menuju pemukiman bahkan menghanyutkan apa pun yang diterjang. Hal ini lah yang kita sebut dengan bencana banjir bandang.

Sifat dari banjir bandang ini datang secara cepat dan tiba tiba. Volume air yang cepat dan besar bisa menghanyutkan siapa pun. Mulai dari rumah, mobil bahkan manusia sekalipun yang punya bobot ringan. Hal ini sama persis dengan apa yang terjadi baru baru ini di wilayah kabupaten Garut.

Sebab Garut Banjir

Sabtu, 27 November 2021 Kabupaten Garut terjadi bencana banjir bandang. Lebih tepatnya musibah ini menimpa empat rumah yang berada di Desa Sukawening Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Satuan kompi tim rescue Basarnas sudah tiba di lokasi. Mereka menganalisa musibah ini terjadi karena intensitas curah hujan yang sangat lebat. Akibatnya, debit air sungai meluap dan menghantam beberapa desa yang ada. Termasuk sawah, ladang dan peternakan warga setempat.

Dampak dari musibah ini banyak membuat warga akhirnya untuk mengungsi. Belum lagi mereka mereka butuh pasokan kebutuhan seperti, pakaian dan makanan pokok.

Bagi orang yang memiliki pemikiran sempit, bencana yang terjadi di Kabupaten Garut hanyalah sebuah musibah. Tapi bagi seorang pebisnis yang punya pemikiran luas pastinya mampu melihat peluang di balik musibah.

Bukan berarti dengan demikian kita menjadi pragmatis. Atau dalam artian memanfaatkan penderitaan di tengah musibah. Maksud melihat peluang adalah bagaimana menemukan ide bisnis pasca banjir bandang.

Ide Bisnis Banjir Bandang

Seperti kalimat pada paragraf awal “Di Balik Musibah Pasti Ada Berkah”. Kalau musibah yang menimpa manusia kemudian hanya menggerutu dan mengutuk nasib tentu tidak menyelesaikan masalah. Kenapa tidak mencoba berpikir positif dan mengambil hikmah di baliknya.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis Online Selama Pandemi

Saat orang butuh pertolongan ketika tertimpa musibah, kenapa tidak menjadi bagian yang bisa membantu meringankan bebannya. Ok, mungkin pada saat kejadian tidak bisa mendapat apapun darinya. Tapi mungkin setelahnya bisa menjadi partner bisnis.

Maka, berikut ide bisnis banjir bandang yang akan banyak orang butuh dan mencarinya

Bengkel Mobil Dan Motor

Banjir yang menimpa manusia pasti merasakan dampak yang tidak enak. Jangankan manusia, bahkan sekelas benda mati seperti motor dan mobil saja pasti akan mengalami kerusakan. Apalagi setelah terendam banjir dan minum banyak “air” pastinya harus segera mendapatkan perawatan yang baik.

Hal demikian yang membuat permintaan service mobil dan motor mengalami peningkatan. Hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi yang mau membuka usaha. Jamin, orang pasti akan banyak berdatangan untuk service kendaraan mereka.

Kalau untuk bengkel mobil usahakan mempunyai lahan yang luas. Yah budget sekitar 100 juta cukup untuk pemula. Bagi bengkel motor bisa mulai dari 40 – 60 juta.

Servis Elektronik

Peluang usaha lainnya yang tidak kalah laris manis adalah servis elektronik. Karena banyak alat elektronik yang rusak seiring dengan banjir yang menimpanya. Mulai dari TV, Mesin Cuci, Lemari Es dan lainnya.

Untuk merintis ini bisa mulai dari garasi atau teras rumah. Tidak perlu sewa tempat yang mahal dulu. Cukup manfaatkan lahan kosong yang tidak terpakai. Karena intinya harus ada skill untuk servis bukan tempat yang besar dan luas.

Ketika tidak punya skill yang mumpuni, bisa bekerja sama dengan yang ahlinya. Untuk sistem pembayaran mungkin bisa bagi hasil atau sistem gaji bulanan. Atau kalau mau yang tanpa keluar dana bisa menggunakan jasa anak SMK yang baru magang.

Jasa Laundry

Setelah banjir menerjang, pasti meninggalkan kotoran pada pakaian. Ketika kotoran yang menempel pada pakaian semakin banyak pada akhirnya membuat orang semakin malas untuk mencuci sendiri.

Disini lah peluang ide bisnis pasca banjir seperti jasa laundry sangat cocok untuk beroperasi. Bisa mulai dengan membeli 2 tabung mesin cuci dan sedikit peralatan pendukung lainnya seperti pengharum pakaian.

Budget sekitar 5 juta mungkin cukup untuk memulai bisnis ini. Karena yang terpenting bukan banyak peralatannya akan tetapi bagaimana bisa membuat orang puas dengan pelayanannya.

Oleh karena itu , kualitas hasil laundry seperti membuat pakaian orang menjadi rapi dan wangi perlu menjadi point penting. Sehingga orang menjadi yakin dan percaya memakai jasa laundry tersebut.

Jasa Bersih Rumah

Banjir pasti membawa kotoran yang bisa menempel dan mengendap pada setiap sudut rumah. Mayoritas orang mulai malas untuk membersihkan sendiri selain juga capek karena setelah terdampak banjir.

Tenaga jasa bersih rumah adalah solusi bagi masalah tersebut. Dan bisa jadi, ide bisnis jasa bersih rumah hampir tidak ada modal karena menggunakan tenaga manusia. Kalau pun ada mungkin hanya terpakai untuk beli alat, mulai dari kain kanebo dan cairan pembersih. Itu pun dengan budget yang murah.

Dalam pemasaran jasa bersih rumah bisa menggunakan media sosial seperti facebok, instagram dan tiktok. Jangan lupa sertakan nomor telepon biar orang mudah menghubungi.

Jual Perabot Rumah Tangga

Alat perabot rumah tangga seperti kain pel, gayung, ember mendadak menjadi seperti kacang goreng pasca banjir. Kenapa demikian ? Karena banyak orang butuh alat tersebut untuk membersihkan sisa kotoran dari banjir.

Perihal suplai barang bisa mengambil dari pabrik atau distributor besar. Maka, dana sekitar 1 – 2 juta mungkin sudah cukup untuk berjualan perabot rumah tangga. Setelahnya bisa menyewa toko atau lapak terdekat sehingga bisa memudahkan orang untuk menjangkau dan membelinya.

Jualan Sembako

Ide bisnis pasca banjir bandang satu ini memang tidak ada matinya. Sepanjang orang hidup pasti butuh sembako. Apalagi menyangkut hajat hidup orang banyak, pasti laris juga dagangannya. Sudah menjadi fitrah manusia yang memang punya kebutuhan untuk bertahan hidup.

Kebutuhan dasar seperti minyak, telur, gula dan teh menjadi barang yang lumrah ada di warung sembako. Untuk harganya mungkin tidak perlu mahal asalkan perputaran uangnya cepat dan cash flownya lancar.

Dana sekitar 5 juta sudah bisa mulai bisnis sembako. Dan jangan lupa pilihlah lokasi strategis supaya banyak orang mudah melihatnya.

Itulah beberapa ide bisnis banjir bandang yang bisa menjadi pertimbangan untuk dieksekusi. Tetap semangat dan salam sukses selalu.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.